Waktu Tempuh Jalan Indonesia Jauh di Bawah Malaysia

21 Desember 2017 - 00:07
Waktu Tempuh Jalan Indonesia Jauh di Bawah Malaysia
Kemacetan di Indonesia terbilang cukup tinggi. Bahkan menurut Direktur Preservasi Jalan Direktorat Jendral Bina Marga, Hedy Rahadian, peringkat Indonesia dalam hal waktu tempuh jalan per 100 kilometer berada jauh di bawah negara tetangga Malaysia.

"Rata-rata di Indonesia membutuhkan waktu 2 jam untuk menempuh jarak 100 kilometer. Padahal di Malaysia rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam untuk 100 kilometer," jelas Hedy.

Menariknya penyebab kemacetan ini seperti sebuah lingkaran. Di mana kerusakan jalan memgakibatkan kemacetan, namun sebaliknya kemacetan juga menyebabkan kerusakan jalan.



Ya, Hedy menjelaskan bahwa berhentinya kendaraan akibat kemacetan juga mempengaruhi kondisi jalan itu sendiri. Karena seluruh berat mobil bertumpu pada satu titik, sehingga lambat laun jalan mengalami deformasi.

Ditambah lagi kendaraan yang kelebihan muatan. Kemampuan jalan dalam menahan beban beragam, hal inilah yang menjadi menjadi salah satu alasan mengapa ditetapkan aturan beban maksimal kendaraan. Oleh karena itu, diperlukan adanya tindakan tegas terhadap kebiasaan yang terjadi di jalan, guna menjaga kualitas infrastruktur publik tersebut.

"Overload (kelebihan beban) ini terus menjadi perhatian kita. Karena sangat berdampak pada kerusakan jalan," jelas Hedy.

Sumber : otosia.com

Carikendaraan.com | Cari Kendaraan

Situs jual beli kendaraan no.1, terpercaya, mudah, aman. Baca berita & review otomotif terbaru hanya di CK Magazine.

Kontak
Untuk pertanyaan dan bantuan silakan hubungi kami di:
help@carikendaraan.com