Trik Membeli Kendaraan Di GIIAS 2018, Simak Selengkapnya?

02 Agustus 2018 - 00:10
Trik Membeli Kendaraan Di GIIAS 2018, Simak Selengkapnya?

Carikendaraan.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS), akan segera digelar pada 2-12 Agustus 2018 di ICE BSD City, Tangerang. Pameran otomotif berskala internasional ini menjadi tempat yang tepat untuk dapat memilih kendaraan baru, karena di GIIAS tahun ini, akan ada 40 mobil baru yang akan diperkenalkan.

Ajang pameran menjadi momen tepat bagi masyarakat untuk memilih mobil yang akan diboyong ke garasi rumahnya. Beragam progran dengan promo menarik memang menjadi magnet dan alasan kenapa harus membeli mobil di pameran.

Tapi membeli mobil di pameran tentu ibarat memilih barang di pasar tumpah. Tanpa persiapan yang matang, angan membeli mobil kesayangan malah bisa berbalik menjadi penyesalan.

Bukan saja karena salah memilih model, atau tak beruntung karena tak mendapatkan penawaran terbaik, namun hal buruk bisa saja menimpa, seperti adanya perbedaan bonus atau promo ketika barang diantar atau sialnya, ada oknum sales yang membawa kabur uang muka.

Agar tak terjadi hal itu, kamipun mengumpulkan berbagai informasi yang dapat Anda gunakan sebagai panduan ketika akan membeli mobil di pameran. Berikut kami rangkum poin-poin penting yang harus Anda pahami sebelum meminang mobil di pameran.

.1. Mengapa Harus Di Pameran ?

Ajang pameran seperti GIIAS atau pun IIMS yang digelar April lalu, menjadi pusat promosi bagi Agen Pemegang Merek untuk memperkenalkan mobil-mobil dagangannya.

Bahkan seringkali ajang pameran menjadi momen untuk menghadirkan mobil terbaru yang akan dijual setelahnya.

Karena perhatian masyarakat terkonsentrasi di sana, maka ajang pameran pun dijadikan sebagai waktu khusus setiap tahunnya untuk memberikan promosi yang tak dirilis lain waktu.

2. Alokasikan Waktu Untuk Memilih Dan Test Drive

Biasanya, pameran digelar tidak hanya satu atau dua hari. Bisa beberapa hari bahkan lebih dari seminggu. Pisahkan waktu untuk memilih dan membeli. Pasalnya saat pameran biasanya masyarakat akan terdistraksi pilihannya kala melihat mobil lain.

"Pilihlah mobil sesuai dengan kebutuhan dan harga, pahami dengan detail manfaat dari fitur yang ada dan bandingkan dengan mobil sekelasnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan motif pembelian dengan tawaran yang ada," kata Ben Faqih, Head Section Customer Engagement PT Astra Daihatsu Motor.

Berikutnya, pastikan Anda memegang pricelist mobil sebelum pameran, dan bandingkan dengan harga di pameran. Ben juga menyebutkan bahwa momen pameran harusnya dimanfaatkan untuk menjajal fasilitas test drive untuk mengenali mobil yang Anda incar. Jangan segan menanyakan fitur-fitur yang ada di mobil pada pihak sales.

Menurut Ben, calon pemilik harus menggali info dan menyimpan baik-baik informasi didapat. Bandingkan fitur, promo, fasilitas aftersales, jaringan bengkel dan harga yang ditawarkan untuk mobil-mobil yang Anda incar.

Sebaiknya juga, lakukan kunjungan untuk memilih di hari weekdays, pada hari ini biasanya pengunjung pameran tak sepadat weekend. Hal ini juga bisa membuat Anda memilih dengan lebih tenang.

3. Hari Terakhir Lebih Murah?

Ada mitos yang beredar bahwa berkunjung di hari terakhir pameran akan mendapatkan harga lebih murah. Hal ini sebenarnya mitos yang sulit dipastikan.

Pasalnya pihak peserta pameran, dalam hal ini APM, pasti sudah menentukan pricelist-nya. Meskipun pihak dealer yang melakukan transaksi, namun umumnya harga yang berlaku akan sama.

Jikapun ada perbedaan biasanya adalah besaran potongan harga untuk mobil lama yang dipromosikan kembali saat pameran.

4. Perhatikan Transaksi

Saat pameran, meskipun Anda sudah memilih waktu kunjungan tersepi sekalipun, tetap saja ada antrian untuk bertransaksi dan membuat Anda tergesa-gesa kala melakukan transaksi.

Sebaiknya lakukan transaksi dengan tenang agar Anda bisa membaca dengan baik poin-poin yang dijanjikan dalam klausul yang umumnya berbentuk SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) ataupun booking statement.

Anda tentu tak mau terjadi kesalahpahaman yang berujung berbedanya bonus yang didapat, atau tersialnya perubahan harga saat pembayaran. Pastikan informasi ini dengan sales, apakah harga mengikat atau masih mungkin berubah.

Apalagi jika Anda menggunakan fasilitas cicilan, yang membutuhkan waktu khusus untuk survey, maka potensi terjadinya perbedaan harga sangat mungkin terjadi. Sebab suku bunga dan nilai tukar rupiah bisa berubah kapanpun.

Untuk transaksi, Ben menegaskan jangan menyetorkan uang melalui sales.

“Lakukan pembayaran melalui rekening resmi dealer. Atau manfaatkan kasir dan ATM yang biasanya tersedia saat pameran," katanya.

Gambar terkait

5. Tinjau Promo

Diskon, cashback, bonus, hingga tawaran menarik lainnya memang kerap disajikan ke hadapan pengunjung pameran. Tak hanya itu, paket cicilan khusus dari leasing juga tak jarang menjadi penawaran yang sulit ditemukan lain waktu.

Pada intinya, Anda harus memastikan dengan jelas, apa saja bonus maupun promo yang Anda dapatkan ketika transaksi di pameran. Bahkan jika pihak sales tak menawarkan, ada baiknya Anda aktif menanyakan promo tersebut.

 

(AldiSyah/Carikendaraan.com)

Carikendaraan.com | Cari Kendaraan

Situs jual beli kendaraan no.1, terpercaya, mudah, aman. Baca berita & review otomotif terbaru hanya di CK Magazine.

Kontak
Untuk pertanyaan dan bantuan silakan hubungi kami di:
help@carikendaraan.com