Lawan Xpander, Benarkah Penjualan Avanza Sengaja Diturunkan

10 Maret 2018 - 00:10
Lawan Xpander, Benarkah Penjualan Avanza Sengaja Diturunkan
VIVA – Lesunya pasar otomotif nasional membuat hampir semua pabrikan mengatur ulang strategi pemasaran. Ini tak hanya terjadi pada pabrikan kecil, tapi juga pabrikan kakap seperti Toyota.

Total penjualan whole sale atau pengiriman dari pabrik ke dealer secara nasional pada Februari lalu mengalami penurunan cukup signifikan, yaitu 9 persen dari 95,865 pada Januari menjadi 86,546 unit.


President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto mengatakan, hampir semua brand terlihat mengurangi suplai di hampir semua segmen, termasuk segmen low MPV yang merupakan ceruk pasar terbesar. "Di segmen ini Toyota yang juga mengurangi suplai Avanza sehingga data penjualannya sedikit mengalami penurunan," ujarnya, Jumat 9 Maret 2018.


Penjualan whole sale Avanza pada Februari tercatat 6.773 unit, turun 11 persen dibanding bulan sebelumnya, sehingga total penjualan dalam dua bulan pertama tahun ini mencapai 14.316 unit.

“Penurunan suplai Avanza dilakukan sebagai bagian dari strategi TAM menjaga keseimbangan suplai dan demand di antara masing-masing produk agar pelanggan memperoleh benefit yang sama di semua segmen,” kata Henry.

Toyota-Astra Motor adalah agen pemegang merek dengan rentang produk yang paling luas, mencapai lebih 20 produk yang mengisi semua segmen pasar otomotif nasional, mulai dari sedan, hatchback, MPV, SUV, dan kendaraan komersial.

Sepanjang Februari lalu, Toyota-Astra Motor berhasil mengisi pasar whole sale sebesar 26.665 unit atau naik 8,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya 25.405 unit. Sedangkan di pasar ritel, total penjualan Toyota pada Februari lalu mencapai 27.772 unit, sehingga total penjualan sepanjang dua bulan pertama 2018 sudah mencapai 56.267 unit. Angka itu di antaranya berasal dari penjualan Avanza yang mencapai 6.451 unit.

“Daya serap pasar untuk Avanza masih stabil, dan kami optimis pada Maret ini penjualan membaik.”

Sejak diluncurkan generasi pertama Avanza dipasarkan 2014 lalu, mobil ini terus bertahan menjadi market leader dan mobil terlaris di pasar otomotif nasional. Daya tarik Avanza sebagai low MPV mampu menghadapi persaingan yang kian ketat dengan masuknya berbagai model baru, seperti Mitsubishi Xpander. (mus)

sumber : viva.co.id

Carikendaraan.com | Cari Kendaraan

Situs jual beli kendaraan no.1, terpercaya, mudah, aman. Baca berita & review otomotif terbaru hanya di CK Magazine.

Kontak
Untuk pertanyaan dan bantuan silakan hubungi kami di:
help@carikendaraan.com