Kartu Prakerja Solusi Ekonomi Dampak Pandemi Virus Corona

18 April 2020 - 20:44
Kartu Prakerja Solusi Ekonomi Dampak Pandemi Virus Corona

carikendaraan.com, Jakarta - Pandemi virus corona sangat berdampak bagi perekonomian Indonesia, "merumahkan" pegawai adalah solusi yang diambil oleh kebanyakan perusahaan untuk mengurangi beban.

Ditengah badai corona, Pemerintah Indonesia terus berusaha untuk membangun kembali ekonomi bangsa, membantu pencari kerja, korban PHK, dan pelaku UMKM yang terdampak badai corona. Salah satunya dengan mempercepat realisasi Kartu Prakerja

Pemerintah menyiapkan anggaran Kartu Prakerja Rp20 triliun, dua kali lipat dari rencana semula. Targetnya dikerek menjadi 5,6 juta orang. Pendaftaran dibuka secara online melalui laman resmi prakerja.go.id dan dibuka 11 April 2020 sampai September 2020.

Gelombang pertamanya dibuka hingga Kamis 16 April pukul 16.00, dan Pengumuman penerimaannya akan disampaikan Jumat 17 April, dan pelatihan dapat dimulai Sabtu 18 April di mitra digital platform. Pelatihan offline atau tatap muka bisa dilakukan setelah suasana pandemi mereda.

"Jika belum berhasil diterima menjadi peserta pada gelombang pertama, pendaftar bisa  bergabung di gelombang selanjutnya, tanpa harus melakukan proses pendaftaran lagi," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (13/4/2020).

Kepada penerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan pada  platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu: Tokopedia, SkillAcademy by Ruangguru, Maubelajarapa,  Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari:

• Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di digital platform mitra.

• Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAjaOvo, atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:

  1. Insentif pascapenuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan (Rp2.400.000).
  2. Insentif pascapengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk tiga kali survei (Rp 150.000).

 

 

Carikendaraan.com | Cari Kendaraan

Situs jual beli kendaraan no.1, terpercaya, mudah, aman. Baca berita & review otomotif terbaru hanya di CK Magazine.

Kontak
Untuk pertanyaan dan bantuan silakan hubungi kami di:
0813 1774 7887